Anda disini » Home » Tutorial Teknik Masking Photoshop

Tutorial Teknik Masking Photoshop

By juliyan | Kamis, 26 April 2012

Sebelum Membaca, Ayo Berbagi :

Halo..halo…
Bagi pengalaman lagi nih. Kali ini, ai mau bagi pengalaman soal belajar masking dengan photoshop. Hmm..kebanyakan tutorial di web yang pernah ai baca soal masking sederhana itu menggunakan teknik brush dan segala macamnya, tapi di komputerblog kita pake teknik simple aja yuukkk!!
Dengan tools dasar kita bisa buat masking photoshop yang simple. Balik lagi, mudah atau tidak mudah  itu relatif. Apa pun toolsnya selama sering digunakan dan dilatih, pasti akan terasa mudah. Karena ai merasa sangat mudah dengan cara simple ini, makanya di-share di sini. Selain itu, hanya menggunakan tools dasar saja. Yuuukk monggooo, semoga bermanfaat.

Langkah pertama

Pilih  2 gambar yang mau kita edit, tentunya setelah membuka Photoshop. Sekedar mengingatkan, untuk membuka gambar yang sudah disimpan di komputer shortcutnya itu, ctrl + O lalu pilih gambarnya.
(karena ai suka bleach, pake ini ya..hoho^^)
link download gambar1 : http://tinyurl.com/26r4zf5

Langkah kedua

Gabungkan kedua gambar dengan Move Tool (ctrl + V), pindahkan salah satu gambar ke gambar lainnya. Bisa gambar yang mana saja.

(klik untuk pemberbesar)
Jika sudah, abaikan gambar yang sudah dipindahkan tadi dan fokus ke gabungan dua gambar. (Boleh diabaikan atau ditutup saja). Sehingga nampak seperti ini, kalau sudah perhatikan palet layernya.

(klik untuk pemberbesar)
Perhatikan layernya. Sekarang ada 2 layer, Background dan Layer 1.
Layer Background masih dalam keadaan terkunci (ada gambar gembok kan?!). Nah itu, harus dibuka dulu agar bisa kita edit, caranya double klik aja layer Background-nya.
Tampilan selanjutnya yang muncul adalah seperti berikut ini, nama layer yang tadinya Background bisa diedit sesuai keinginan, tapi jika tidak, nama layer akan menjadi layer 0 . Jadinya seperti ini,

Langkah ketiga

Di sini langkah yang harus diperhatikan dan ini lah yang namanya masking. Tambahkan layer mask pada gambar yang ingin kita masking (samarkan), bisa yang mana saja. Catatan pentingnya adalah, layer yang akan di-masking harus berada di atas layer yang ingin ditutupi.
Di bawah palet layer ada menu seperti ini, dan bagian dalam lingkaran merah itu yang    namanya mask, klik saja, add layer mask.
Layer 1 menimpa layer 0. Berikan mask pada layer 1. Maka akan jadi seperti ini.

Perhatikan lingkaran merah, di samping gambar layer 1 ada gambar klip dan kertas putih, itulah layer mask. Layer yang akan dimasking akan tampil menjadi seperti itu.
Lingkaran merah berikutnya, setelah meng-klik add layer mask, maka warna pada foreground dan background harus menjadi hitam dan putih, biasanya setelah menambahkan layer mask akan berubah secara otomatis.
Lingkaran merah berikutnya, gradient tool harus dipilih.
Lingkaran merah berikutnya, pilih paduan gradient yang black and white.

Langkah keempat

Jika sudah maka lakukan masking seperti saat menggunakan gradient tool biasa, yang ai lakukan menarik garis dari atas ke bawah (tapi kalau mau beda juga ga apa2), maka jadinya begini.

Langkah kelima

Langkah kelima ini hanya sebagai penyempurna saja, kalau tidak dipakai juga tidak masalah, hanya saja ai ingin memfokuskan gambar si Ichigo Kurosakinya dan menjadikan topeng Hollownya menjadi background. Coba diperhatikan, gambar Ichigo masih tertutup kan? Tidak bisa dilakukan hanya dengan memindahkan layer 0 ke atas layer 1, karena layer 1 yang sudah dimasking akan tertutup, jadi tidak terlihat lagi efek maskingnya. Boleh dicoba.
Nah, supaya gambar Ichigonya tetap terlihat di depan meskipun layernya sudah ditimpa si layer masking, ini yang harus dilakukan.

(klik untuk memperbesar)
Aktifkan layer yang ada gambar Ichigonya, yaitu layer 0 (lingk merah1). Agar lebih mudah non-aktifkan layer 1 (lingk merah2). Lalu gunakan Selection Tool. Ai pake Quick Selection Tool, kalau teman-teman terbiasa menggunakan selection tool lainnya bisa juga ko. Tidak masalah. Lalu select gambar Ichigo. Seperfect mungkin.
Kalau sudah, aktifkan dan pilih kembali layer 1. Lalu, hapus bagian yang diseleksi dengan Eraser Tool. Maka akan jadi seperti ini.
Ini gambar jadinya……
Bandingkan dengan gambar sebelum langkah 5 dilakukan..

Ayo..bagus mana??!!
Mohon maaf ya,,mungkin langkah di atas terlihat agak tidak mudah karena terlalu banyak gambar. Tapi ai mau share secara rinci. Sebenarnya, kunci yang harus dipegang jika sudah ada gambaran adalah hanya tools ini saja yang digunakan…
  1. Move tool
  2. Unlock gembok pada layer Background
  3. Add Layer Mask, tentunya pada gambar yang ingin dijadikan masking
  4. Gradient Tool
  5. Quick Selection Tool
  6. Eraser Tool
Sudah, prinsipnya mudah kan..?! Ayo dicoba dulu, ai yang masih amatir aja bilang ini sangat mudah. Semangat..semangat!!
Baiklah, terima kasih dan selamat mencoba, semoga bermanfaat ya.

Regards^^

Feri Setia


Attention
PLEASE ATTENTION !

Untuk memperbaiki dan mengembangkan blog ini menjadi lebih baik, mari bersama - sama kita bangun, caranya? Apabila kamu menemukan link yang mati/sudah tidak berfungsi atau gambar yang sudah tidak muncul/expire, silahkan hubungi kami disini. Laporan anda sangat berpengaruh pada perkembangan blog ini.Tanks atas perhatiannya thanks

GET UPDATE VIA EMAIL
Dapatkan kiriman artikel yang terbaru
Dari Kami langsung ke email anda!

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan berikan komentar, kritikan atau saran anda mengenai artikel di atas untuk mendapatkan backlink gratis dari Your Blog ini. Komentar yang tidak sesuai topik, SPAM, Penghinaan, dsb terpaksa akan saya hapus ! Tanks be 4,,.

.

.

.

.

,
 
Home | About Us |Contact Us | Advertise with Us | Free Blogger Templates | Widget | Site Maps
Copyright © 2010 - 2012. Pusat-cara.blogspot.com - All rights reserved | Proudly Powered by Blogger.com
Website Design by juliyan25.blogspot.com | Sponsored by www.kent.prasetiyamandiri.com